Tuesday, 8 September 2009

Memperkuat Kekuatan

Menurut Anda, mana yang lebih penting: menghilangkan kelemahan Anda atau memperkuat kekuatan Anda? Orang kebanyakan akan berpendapat bahwa kita perlu menghilangkan kelemahan kita daripada memperkuat kekuatan kita. Berseberangan dengan pendapat umum tersebut, John C. Maxwell justru berkata bahwa kita harus memperkuat kekuatan kita.

Analoginya seperti ini: jika dalam skala 1-10, 1 artinya kita sangat lemah dalam satu bidang dan 10 artinya kita sangat perfect di dalam bidang lainnya. Misalkan kemampuan Anda dalam urusan administratif adalah 3, yang artinya cukup lemah, Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk memperkuat kelemahan Anda tersebut hingga nilainya jadi 5 atau 6. Meski kemampuan administratif Anda meningkat, toh kinerja Anda tetap masuk dalam kelas rata-rata. Ingat, kelas rata-rata tidak akan pernah membawa Anda sukses. Sebaliknya, jika nilai kemampuan Anda dalam urusan marketing adalah 7, yang artinya cukup bagus, maka Anda berusaha sekuat tenaga untuk memperkuat kekuatan Anda tersebut hingga nilainya menjadi 9 atau 10, maka kinerja Anda di bidang marketing adalah di atas rata-rata. Percayalah bahwa Anda akan segera diperebutkan dalam hal itu.

Itu alasan mengapa Tuhan menciptakan kita dengan segala keunikan, dengan bakat tertentu, dan potensi tertentu yang berbeda satu dengan yang lain. Fokus pada bakat, keunikan, potensi, dan kelebihan yang kita miiliki. Pertajamlah itu lebih lagi. Perkuat kekuatan kita. Barangkali Anda bertanya, apakah itu berarti kita harus mengabaikan kelemahan kita begitu saja tanpa melakukan perbaikan sama sekali? Tentu maksudnya bukan seperti itu. Selagi ada kesempatan untuk melakukan perbaikan, mengapa tidak? Tapi jangan sampai waktu kita habis hanya untuk membuat kita menjadi orang dengan kelas rata-rata. Sebaliknya, milikilah prioritas di dalam hidup kita untuk mengasah mutiara-mutiara di dalam hidup kita. Kita diciptakan berbeda satu sama lain. Jangan iri dengan keunggulan orang lain dan jangan pernah ingin menjadi sama dengan mereka. Sebaliknya temukan keunggulan kita dan pertajamlah itu.

Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. 1 Korintus 12:31.

Bukan menghilangkan kelemahan Anda, tetapi perkuatlah kekuatan Anda.

(Sumber: Spirit Motivator)

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers