Monday, 30 November 2009

Golden Rule

Ada aturan emas yang berlaku secara umum di dunia ini, yaitu seperti apa Anda memperlakukan orang lain, seperti itu juga Anda akan diperlakukan! Sikap Anda terhadap orang lain menentukan bagaimana orang lain bersikap terhadap Anda. Jika Anda ingin diperlakukan dengan baik, maka Anda harus memperlakukan orang lain dengan baik pula. Sebaiknya jika Anda memperlakukan orang lain dengan buruk, maka pada gilirannya Anda akan diperlakukan dengan buruk juga oleh orang yang bersangkutan.

Contoh sederhana. Misalnya Anda masuk lift dan kebetulan di dalam lift tersebut ada seseorang yang belum Anda kenal sebelumnya. Meski Anda tidak mengenal orang tersebut, Anda memberikan senyuman yang tulus. Saat Anda memberikan senyum, apa yang terjadi selanjutnya? Hampir bisa dipastikan senyum Anda akan dibalas dengan senyuman juga. Anda memperlakukan dengan ramah, Anda dibalas dengan keramahan pula. Apakah mungkin Anda tersenyum dan orang tersebut membalas dengan pelototan? Tentu saja tidak, bukan?

Seperti apa Anda ingin diperlakukan? Apakah Anda ingin ditipu oleh rekan bisnis Anda? Apakah karir Anda ingin dijegal? Apakah Anda ingin digosipkan? Tentu Anda tidak ingin hal-hal tersebut terjadi dalam hidup ini. Jika kita tidak mau diperlakukan seperti itu, tentu saja kita tidak boleh memperlakukan orang lain seperti itu juga. Sungguh tidak adil jika kita sudah memperlakukan orang lain semau-maunya kita, tapi kita tidak mau diperlakukan seperti itu.

Bagaimana jika kita sudah memperlakukan orang lain dengan baik, namun kita mendapat balasan yang buruk? Bagaimana jika kita sudah menabur yang baik tapi malah menuai yang buruk? Percayalah bahwa Tuhan itu adil. Semuanya itu hanya bagian dari proses pendewasaan hidup. Ada waktunya hal baik yang Anda tabur akan membawa Anda menuai kebaikan pula. Jikalau kita berpikir tentang golden rule ini, maka kita akan bertindak dengan cara yang berbeda.

Sikap Anda terhadap orang lain akan menentukan bagaimana orang lain bersikap terhadap diri Anda.

Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Lukas 6:31.

Sumber: Spirit Motivator

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers