Saturday 27 March 2010

Keuntungan Menjadi Manusia Pembelajar

Tujuan dari belajar adalah untuk bertumbuh, dan pikiran kita, tidak seperti tubuh kita, dapat terus bertumbuh seiring kita menjalani hidup. ~Mortimer Adler

Banyak orang merasa dirinya sudah tidak dapat dan tidak perlu belajar lagi karena usianya bukan lagi usai sekolah. Mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya seluruh hidup mereka adalah proses pembelajaran. Tidak ada batas usia untuk belajar: orang berusia 80 tahun pun, misalnya, masih dapat belajar. Entah dari pengalaman hidup atau kejadian sehari-hari. Lagipula, sebenarnya proses pembelajaran melalui pengalaman hidup, kejadian sehari-hari, atau apapun yang kita baca, tidak terjadi secara alami. Persoalannya hanya Anda mau atau tidak untuk belajar.

Jika Anda memiliki kemauan untuk menjadi manusia pembelajar, inilah keuntungan yang bisa didapat:

1. Pikiran tetap tajam
Seperti halnya pisau yang tidak akan terus tajam jika tidak secara berkala diasah, pikiran juga tidak akan tetap tajam jika kita tidak menggunakannya untuk belajar.

2. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Orang yang memiliki banyak pengetahuan atau setidaknya satu pengetahuan khusus yang mendalam tentang suatu subjek, biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mereka tidak takut bertemu orang, karena mereka memiliki banyak hal untuk dibagikan.

3. Menghemat uang
Bagaimana bisa menjadi manusia pembelajar itu menghemat uang? Bisa. Bayangkan saja jika Anda mempelajari mesin mobil dan kemudian menjadi cukup mahir, saat mobil Anda rusak, Anda tidak perlu membawanya ke bengkel dan membayar ongkos reparasi karena Anda dapat memperbaikinya sendiri.

4. Meningkatkan pendapatan
Tidak hanya menghemat uang, Anda juga dapat menggunakan keterampilan yang baru Anda miliki untuk meningkatkan pendapatan Anda.

5. Memiliki rasa puas karena telah mencapai sesuatu
Apa yang Anda rasakan saat Anda sudah berhasil mempelajari sesuatu? Salah satunya adalah kepuasan diri. Kepuasan diri karena telah mencapai sesuatu memiliki nilai positif yang sangat tinggi. Tidak hanya berfungsi sebagai relaksasi, rasa puas diri membuat Anda berpikir bahwa Anda bernilai.

Learning is a treasure that will follow its owner everywhere. ~Chinese Proverb

Sumber: Spirit Motivator

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers