Wednesday 19 August 2009

Upah Inisiatif

Dunia mengaruniakan hadiah, baik uang maupun kehormatan, untuk satu hal dan hal itu adalah inisiatif. Apakah inisiatif? Inisiatif adalah melakukan hal yang benar tanpa diperintah.

Pada urutan berikutnya sesudah melakukan hal yang benar tanpa diminta adalah melakukannya setelah diminta satu kali. Mereka yang mampu menunaikan amanat akan mendapatkan penghormatan tinggi, tapi bayaran yang mereka terima tidak selalu setara.

Lalu ada orang-orang yang tak pernah melakukan sesuatu sebelum diminta dua kali. Yang seperti itu tak mendapat penghormatan dan mendapat sedikit tanda terima kasih.

Kemudian ada orang-orang yang melakukan hal yang benar hanya jika atasannya menendangnya dari belakang, dan mereka mendapat pengabaian bukannya penghormatan, dan sedikit sekali bayaran. Tipe ini menghabiskan kebanyakan waktunya menggosok bangku sambil menceritakan kesialan yang membuat orang kasihan kepada mereka.

Lalu di skala yang lebih rendah dari ini ada orang bodoh yang tak akan melakukan hal yang benar sekalipun ada seseorang yang menunjukkan caranya dan menemani untuk melihat bagaimana ia melakukannya. Ia selalu keluar dari pekerjaannya dan menerima hinaan yang sudah sepatutnya ia terima kecuali ia memiliki orang tua yang kaya, dalam kasus ini nasibnya dengan sabar menunggu untuk segera terjadi, dan bergabung bersama-sama dengan klub ornag keras kepala.

Anda termasuk tipe yang mana? (Elbert Hubbard)

(Sumber: The Choice is Yours. John C. Maxwell)

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers