Friday, 7 August 2009

Suam-suam Kuku

Dalam buku Origins of Brands, Al dan Laura Reis mengkritisi pendapat sejumlah kalangan bahwa konvergensi (penggabungan) lebih penting dari divergensi (spesialisasi). Contohnya saat ini, banyak perusahaan teknologi dalam satu benda. Produsen ponsel, misalnya, seolah berlomba menawarkan ponsel dengan fitur terlengkap. Ponsel pun makin banyak dijejali fungsi, sentah sebagai kamera, TV, pemutar musik, perekam video, bahkan penjelajah internet. Tapi konsumen toh tetap punya kecenderungan tertentu. Ada yang mengutamakan kamera dan videonya, ada yang mengutamakan musiknya, ada yang mengutamakan awetnya, dll. Bisnis yang ingin sukses dalam jangka panjang memerlukan branding dan penciptaan pasar, bukan merebut pasar. Dalam branding (menciptakan merek) ini, yang lebih penting adalah inovasi, bukan sekedar menggabung-gabungkan, tapi menawarkan sesuatu yang baru, demikian kira-kira pendapat mereka.

Hal ini juga bisa diterapkan dalam pribadi kita masing-masing. Lebih baik ahli di satu bidang daripada sekadar bisa di banyak bidang. Banyak orang yang sebenarnya mempunyai kebiasaan dalam banyak bidang tetap tidak bisa sukses. Sebaliknya, ada yang mungkin hanya punya satu keahlian, misalnya mahir bicara di depan umum, tapi lebih sukses dari orang pertama tadi. Dalam istilah Alkitab, orang yang serba tahu tapi hanya sedikit-sedikit ini seperti orang yang suam-suam kuku (Wahyu 3:16). Tidak ada yang salah jika Anda punya minat di banyak bidang, tapi syarat sukses adalah Anda perlu ahli di satu bidang yang paling Anda minati.

Lalu bagaimana jika Anda membutuhkan kemampuan di bidang lain? Tentu saja Anda dapat mengajak ahli lain untuk bergabung dan membentuk satu tim. Kerja tim dengan orang-orang berkompeten ini tentu akan jauh lebih baik daripada bekerja sendirian tpai pengetahuan kita hanya di permukaan saja. Oleh karena itu, jika saat ini Anda menggeluti satu profesi, pastikan Anda mendalami profesi itu dengan sungguh-sungguh. Stop menjadi orang yang punya banyak kemampuan, tapi levelnya hanya biasa-biasa saja. Mulailah menjadi ahli!

Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. Wahyu 3:16

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers