Friday 22 January 2010

Resep Sukses Hokian

Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya. Amsal 2:7

Apa rahasia sukses orang Tionghoa? Buku yang mengupas tentang rahasia keberhasilan orang-orang Tionghoa banyak dikupas. Konon, orang-orang Tionghoa asal suku Hokian memiliki falsafah yang mereka sebut dengan 3C untuk kesuksesan mereka. 3C tersebut adalah: Pertama CENGLI. Amsal 2:7 berkata, "Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya." Kalau ingin sukses, cara kita bekerja mesti cengli alias adil. Dengan kata lain, harus jujur, tidak curang, dan bisa dipercaya. Ini membuat banyak orang suka bekerja sama dengan kita. Semakin dipercaya, maka pintu pun semakin terbuka lebar bagi kesuksesan kita.

Kedua, CINCAI, artinya orang yang mudah memberi, tidak terlalu banyak perhitungan, dan bahkan bukan tipe orang yang sulit. Uniknya, orang-orang yang mudah memberi seperti ini juga mudah mendapat, Dilihat dari sudut pandang Firman Tuhan, maka kita tahu itulah yang disebut hukum tabur tuai. Sebaiknya jika kita termasuk orang yang sulit, pelit, terlalu banyak perhitungan baik dengan Tuhan maupun dengan sesama, maka berkat juga susah turun untuk orang-orang seperti ini.

Ketiga, COAN, artinya orang kerja adalah wajar kalau mengharapkan keuntungan. Namun, fokus utamanya bukan apa yang kita dapatkan, tapi apa yang kita berikan. Kita harus sering mengajukan pertanyaan dalam diri kita, apakah yang kita lakukan sudah sebanding dengan apa yang kita dapatkan? Jika kita adalah karyawan, apakah kualitas kerja dan kontribusi kita untuk perusahaan sudah sebanding dengan gaji yang kita terima?

Kalau uraian di atas adalah 3C yang harus dilakukan, maka orang Hokian punya pantangan dalam bekerja yang mereka sebut juga dengan 3C, yang pertama adalah ciok (utang). Utang kalau bayar tidak apa, tapi jadi repot kalau menjadi C yang kedua yaitu ciak (dimakan saja). Lebih tidak tanggung jawab lagi kalau kemudian orang tersebut melakukan C yang ketiga yaitu cao (lari). Semoga rahasia sukses ala Hokian ini, meski bernada humor, tapi bisa menjadi inspirasi bagi kita.

Sukses sangat ditentukan oleh karakter dan nilai-nilai hidup yang kita anut.

(Sumber: Spirit Motivator)

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers