Tuesday 6 April 2010

3000 Kegagalan

Apakah Anda merasa sebagai orang gagal? Jika benar demikian, Anda hanya perlu tahu bahwa kegagalan sebenarnya adalah realitas hidup yang pasti dialami setiap orang yang ingin berhasil. Sangat jarang, bahkan tidak ada orang yang berhasil tanpa melewati serangkaian kegagalan lebih dulu. Bahkan, kesuksesan-kesuksesan besar biasanya selalu dibayar dengan kegagalan-kegagalan yang begitu mahal. Anthony Robbins, seorang motivator sukses berkata, "Semua kegagalan dan rasa frustasi yang pernah terjadi dalam hidup saya sesungguhnya menjadi dasar yang kuat untuk meraih kesuksesan yang saya nikmati hari ini."

Dalam sebuah acara yang disiarkan ESPN, seorang pemain basket mengisahkan perjalanan hidupnya, di dunia olahraga, "Lebih dari 3000 kali saya diberi kepercayaan untuk melepaskan tembakan ke jaring lawan naman saya gagal melakukannya. Saya diberi 26 kali kepercayaan untuk melepaskan tembakan terakhir yang menentukan pada saat pertandingan final, dan saya juga gagal. Saya juga pernah menyebabkan tim saya, Chicago Bulls, mengalami lebih dari 300 kekalahan. Meski demikian saya masih saja dijuluki sebagai pemain basket terbaik di sepanjang masa." Ternyata Michael Jordan, pebasket sehebat itu juga pernah mengalami kegagalan yang begitu banyak!

Setiap orang pernah mengalami kegagalan, karena itu kegagalan bukanlah hal yang memalukan atau menakutkan. Kita harus mampu mengubah ketakutan kita akan kegagalan menjadi kekuatan atas kegagalan. Jika kita mengijinkan ketakutan menguasai kita, maka kita tidak akan pernah bertindak. Jika kita tidak pernah bertindak, maka hasilnya juga nol. Karena itu, tidak berani mengambil tindakan justru merupakan kegagalan dalam arti sebenarnya. Lebih baik bertindak dan gagal, daripada tidak mencobanya sama sekali. Meski hasilnya sama-sama nol, paling tidak  kita sudah berani mencobanya, dan itu menjadi pembelajaran yang berharga bagi kita. Selain kita mendapat pembelajarn berharga, kita juga labih berani menghadapi kegagalan sehingga di setiap kesempatan yang akan datang kita bisa meraih keberhasilan..

Lebih baik bertindak dan gagal daripada tidak mencoba sama sekali, karena dari kegagalan, kita pun makin pintar.

Apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya. Mazmur 37:24

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers