Tuesday 13 April 2010

Sederhana tapi Penting!

Selama ini, banyak orang menganggap kesuksesan hanya ditentukan oleh hal-hal teknis seperti punya kemampuan di bidangnya, cerdas, atau pandai berkomunikasi. Namun, ternyata bukan hanya itu syarat untuk meraih sukses. Seringkali sukses juga ditentukan oleh hal-hal yang tampaknya sederhana tapi penting. Beberapa tokoh berikut menunjukkannya. Apa saja hal-hal sederhana itu?

1. Berani jadi diri sendiri. Indra Nooyi, CEO Pepsi kelahiran India pernah menjadi wanita dengan gaji tertinggi di Amerika. Saat menghadapi wawancara di awal kariernya, dengan pede dia mengenakan pakaian tradisional bangsanya, yaitu kain sari. Hingga kini, dia masih sering memakai sari untuk menghadiri acara-acara penting. Nooyi berkomentar, "Jika mereka tidak menerimamu karena memakai sari, merekalah yang rugi, bukan kamu. Jangan pernah sembunyikan jati dirimu."

2. Nama Anda adalah merek Anda, jadi jagalah sebaik-baiknya. Raja Salomo dalam Amsal 22:1 mengatakan, "Nama baik lebih berharga dari kekayaan besar." Menjaga nama baik jauh lebih penting dari menjaga cash flow perusahaan atau income Anda. Tidak ada orang yang mau berbisnis atau mempekerjakan orang yang punya track record buruk.

3. Jangan menghabiskan energi melawan pembenci Anda. "Saya tidak tahu kunci sukses, tapi kunci kegagalan adalah selalu ingin menyenangkan semua orang." Kata komedian Bill Cosby. Aktor yang juga produser serial Cosby Show ini menolak mengikuti selera pasar yang waktu itu lebih suka komedi yang vulgar. Ia sendiri yang menjaga Cosby Show tetap ada di jalurnya dan terbukti menuai sukses.

4. Pastikan pasangan mendukung Anda. Pasangan Anda adalah orang terdekat yang berperan penting dalam karier Anda. Kesuksesan yang diukir tokoh-tokoh dunia seperti Franklin D. Roosevelt, Bill Clinton, Barack Obama, dll, tidak bisa dilepaskan dari dukungan pasangan mereka masing-masing.

Apakah mungkin itu membuat kita sukses? Saya percaya semuanya bisa terjadi. Dan yang terpenting adalah sadari bahwa upah, prestasi, dan promosi itu juga Tuhan yang atur. Ingatlah orang benar bekerja bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk kemuliaan Tuhan.

"Upah pekerjaan orang benar membawa kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa." Amsal 10:16

Sukses juga ditentukan oleh hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

Sumber: Spirit Motivator

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers