Wednesday 26 May 2010

Think Out of The Box

Pada tahun 1960-an, dua orang ilmuwan bernama Robert Ornstein dan Roger Sperry melakukan riset mengenai dungsi otak. Dari situ, ditemukan bahwa otak sebelaj kiri bertanggung jawab dalam hal berpikir logis, membaca, berbicara, dsb. Sebaliknya, otak kanan mengolah kecerdasan artistik, musikal, kecerdasan ruang, imajinasi, irama, dsb. Riset itu juga mengatakan bahwa kedua belahan otak itu sebenarnya dapat bekerjasama. Bagaimana caranya?

Belajar berpikir dengan cara berbeda. Contoh kecil saja, bila ada yang bertanya, "Bagaimana kabar Anda hari ini?" Ketika Anda menjawab 'luar biasa', maka Anda sudah melatih otak untuk berpikir berbeda. Bukti scan otak dengan memakai MRI juga menemukan memang ada perbedaan reaksi otak antara orang yang berpikir positif dan yang suka mengeluh. Untuk orang positif, dia akan mempergunakan otak kreatifnya, Sedang bagi yang suka mengeluh, dia akan mempergunakan otak ketiganya yang disebut otak reptilia, yang bekerja lebih dengan memakai insting.

Kreativitas datang ketika kedua belah otak bekerja. Dengan mengambil sudut pandang baru dan melihat secara berbeda, di situlah kita menggantikan pandangan lama dengan pandangan baru. Kita bisa menggabungkan ide lama sedemikian rupa dan menciptakan inovasi-inovasi baru. Itulah daya luar biasa otak yang Tuhan tempatkan dalam diri kita. George Bernard Shaw, seorang jenius dalam sastra inggris klasik berkata, "Kemajuan mustahil tanpa perubahan, dan mereka yang tidak bisa mengubah pikirannya tidak bisa mengubah apapun." Apakah saat ini kita merindukan terjadinya perubahan dalam hidup atau karier kita? Hal pertama yang harus kita lakukan adalah ubah cara pikir kita!
Alkitab mengatakan ini sebagai iman, yaitu bukti dari sesuatu yang tidak kita lihat. Meski saat ini keadaan belum mermbaik, mengubah pikiran kita adalah langkah iman untuk membuat perubahan. Miliki cara pandang Allah yang sanggup melihat apa yang saat ini belum terjadi. Minta Tuhan untuk memberi kita kemampuan mengubah keadaan kita. Allah telah memberi kita otak dan kemampuan yang luar biasa, jangan sia-siakan itu.

Langkah pertama untuk mengubah kehidupan Anda adalah dengan mengubah pikiran Anda.

(Sumber: Spirit Motivator)

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers