Friday 17 July 2009

The Art of Business

Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan. Amsal 24:3

Pendapat umum mengatakan bahwa yang namanya seniman itu pasti nyeleneh, unik, seenaknya sendiri, santai, susah diatur dan sebagainya. Bahkan banyak orang tua tidak rela jika anaknya menikah dengan seniman. Menurutnya seniman itu hidupnya tidak jelas dan tidak punya masa depan. Tentu, pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Jika seniman tersebut menjalani profesinya dengan serius, dia pasti bisa sukses karena hal apapun jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil. Namun jika ingin sukses lebih besar lagi, kombinasikan seni yang kita miliki dengan bisnis.

Johny Andrean, penata rambut kondang, tidak hanya memiliki jiwa seni tapi dia seorang yang betul-betul melek bisnis. Melalui sentuhan bisnisnya, roti Bread Talk sukses berat dan J.Co gerai donat-kopi, juga sangat fenomenal. Inilah salah satu contoh gabungan seni dan bisnis yang bisa mencetak kesuksesan yang luar biasa. Johny Andrean pernah berkata, "Seni itu benar-benar fun, sedangkan bisnis kadangkala membosankan. Tapi kalau kita hanya tahu fun saja tetapi tidak melek bisnis, maka kita akan gagal."

Tahukah kita bahwa setiap pekerjaan kita pada hakikatnya selalu mengandung nilai seni yang bisa membuat kita fun. Penulis, desainer, arsitek, pembicara, fotografer, jurnalis, atlet, koki, dan apapun profesi kita sebenarnya memilki unsur seni yang membuat yang menjalaninya bisa fun. Tapi seperti yang diungkapkan di atas, jangan hanya kita bisa fun, tapi harusnya kit ajuga melek bisnis. Dengan kombinasi seni dan bisnis, kita bisa meraup kesuksesan luar biasa. Desainer-desainer kelas dunia yang kita kenal tidak hanya pintar mendesain baju, tetapi mereka juga pintar menjual desain mereka. Ahmad Dani diakui sebagai artis yang jenius dalam bermusik, dia tidak hanya jenius dalam bermusik, tapi juga jenius dalam mengelola bisnis musiknya sehingga dia termasuk deretan artis yang sangat kaya. Dalam bahasa Amsal, sense bisnis itu bisa juga disebut hikmat. Denagn memiliki hikmat, maka kita akan berhasil. Buktikan!

No comments:

Post a Comment

Ricky and Joan

Daisypath Anniversary tickers